Photobucket

Minggu, 05 Mei 2013

Membasmi Roh Jahat bersama Nube

Nube dan Tangan Setannya
Mungkin komik paling fenomenal yang pernah diterbitkan oleh M&C! adalah Nube, Si Guru Ahli Roh. Pertama kali terbit (mungkin) sekitar sepuluh tahun lalu (saya yakin lebih dari itu), komik ini belum tamat juga sampai sekarang walaupun status di Jepang sudah sangat lama tamat. Dan karena berbagai hal, status komik ini termasuk 'langka' dalam jajaran online shop sehingga bandrol harganya tidak kira-kira. Ada kisikan yang bilang mencapai satu juga rupiah! Wuih.

Anyway, komik ini bercerita mengenai Nueno, yang akrab dipanggil Nube, seorang guru SD yang tangan kanannya selalu memakai sarung tangan. Tentu saja ada alasan di balik sarung tangan ini: tangan Nube adalah tangan setan yang mampu 'mengamankan' roh halus kembali ke alamnya. Dan seperti rata-rata cerita hantu, orang yang memiliki kekuatan roh akan memanggil para roh mendekat, SD tempat Nube mengajar juga menjadi incaran para roh halus, yang baik maupun jahat. Seperti Conan yang kerap menemukan kasus ke mana pun ia pergi, Nube pun juga harus berhadapan dengan roh-roh halus ini hampir setiap saat. Apa rahasia kelam yang ada di balik tangan setan Nube ini?

Sejujurnya, komik ini sangat menarik untuk diikuti. Hantu-hantu yang muncul di volume-volume awal didominasi hantu Jepang yang sebagian besarnya berhasil digambarkan cukup mampu membuat saya ketakutan sendiri. Lama kelamaan, hantu-hantunya mulai 'melempem', ceritanya juga tidak terlalu penting untuk diikuti. Walau begitu, di antara cerita yang tidak terlalu penting itu, muncul cerita rahasia di balik tangan setan Pak Nueno yang berhubungan dengan masa kecil beliau dan guru kesayangannya. Tentu saja, rahasia yang menyangkut tangan setan ini bukanlah kenangan indah yang dapat kau kenang selamanya.

Salah satu contoh
penokohan yang terlalu
seksi ^^
Masalahnya, sasaran komik ini mungkin salah. Walaupun tokoh-tokoh di komik ini masih berusia SD, namun penggambaran tubuh dan sifat mereka melebihi seorang anak SD (atau saya saja yang ketinggalan zaman). Belum lagi fan service yang bermunculan di mana-mana. Entah memang di Jepang komik ini termasuk  untuk dewasa sehingga kental nuansa ecchi-nya atau memang M&C! yang tidak mengantisipasi mengenai hal ini, Nube si Guru Ahli Roh untuk saya tidak cocok dibaca usia 17 tahun ke bawah karena konten dewasa ini. Sayang sekali, andaikan gambarnya lebih sopan, komik ini akan menjadi 'aman', tentu saja harus dengan pengawasan orang tua karena banyaknya siluman yang muncul dan dapat membuat anak-anak yang belum mengerti kebingungan dan ketakutan.
shonen

Contoh halaman dalam
Nube volume 9
Karena kasus konten gambar dewasa inilah, maka Nube volume 9 tidak pernah beredar di pasaran. Yah, tentu saja ada kasus orang dalam yang mengeluarkan beberapa eksemplar Nube 9 sehingga harga komik menjadi sangat selangit. Alasannya kemungkinan karena munculnya siluman putri duyung yang topless dan tentu saja melanggar etika kesopanan di sini :)

Dari beberapa komik awal Nube, terasa kalau tehnik penyensoran gambar-gambarnya terlihat kasar, namun seiring bertambahnya usian M&C! dan jumlah volume Nube, penyensoran susah semakin baik. Jangan lupa, rating D juga harus dicantumkan di kover komik (atau memang sudah, tapi saya tidak memerhatikan?). Selain itu, jangan lupa cantumkan sinopsis di belakang kover karena walau saya sering melewatkannya, tapi tetap saja menjadi acuan untuk membuat pembaca tidak sabar untuk membacanya.

Saya berterima kasih kepada M&C! yang tetap meneruskan menerbitkan komik Nube walaupun memakan waktu bertahun-tahun. Semoga komik-komik 'macet' lainnya juga bernasib sama seperti Nube, tetap lanjut diterbitkan sampai tamat.

Tulisan ini diikutsertakan dalam merayakan ulang tahun M&C yang ke-10.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar