Photobucket

Kamis, 23 Agustus 2012

[Viva.co.id] Menjelajah Tampilan Baru

Saya bukan penikmat berita versi on-line. Yah, tentu saja saat saya sedang surfing dan bisa membuka link, saya akan membaca beberapa berita yang menarik. Tapi saya akan tetap memilih wujud fisik, misalkan koran atau majalah, untuk mencari berita-berita terbaru. Alasannya banyak, salah satunya, mata mudah lelah bila berhadapan dengan layar gadget atau PC saat membaca berita yang sarat tulisan.

Nah, apa yang menarik dari VIVAnews? Saya mengetahui adanya portal berita http://news.viva.co.id/ sejak menjadi pengikut akun twitter @VIVAnews. Walaupun akses internet saya di kantor terbatas, saat ada caption judul yang  menarik perhatian yang rajin dikicaukan oleh @VIVAnews, saya akan menyimpan link-nya untuk dibuka kemudian saat memungkinkan. Yang pasti, @VIVAnews berhasil memberikan judul-judul unik yang berhasil menggoda saya untuk membaca berita lengkapnya.

Sejujurnya, saya tidak begitu memerhatikan tampilan awal VIVAnews sebelumnya, sehingga saya tidak terlalu bisa membandingkan yang sekarang dengan yang dulu. Karena itu, saya mencoba membandingkannya dengan beberapa portal berita lain yang terkadang saya kunjungi juga.

Kesan Pertama
Satu kata: biasa. Saya tidak melihat sesuatu yang outstanding, kecuali animasi foto yang berganti-ganti sebagai berita utama. Kualitas beberapa foto utama tersebut sangat menarik dengan sudut pengambilan yang bagus, tapi sebagian lagi terlalu biasa untuk dimasukkan sebagai headline. Bahkan ada beberapa foto yang mutunya kurang baik alias tidak terlalu tajam.

Warna putih sangat mendominasi tampilan secara keseluruhan, diikuti dengan warna merah khas VIVAnews dan warna-warna ini 'kalah' dengan keragaman warna yang ditampilkan foto-foto yang ada. Kita harus jeli untuk tahu bagian mana yang harus di-klik agar dapat pergi ke laman yang memuat berita tersebut. Namun, kita tidak perlu terlalu panik karena kursor mouse akan berubah saat kita menggulirkannya di layar. Klik, Anda langsung terbawa ke laman yang Anda inginkan ;)

Animasi di Laman Utama
Saya menyukai animasi yang ada pada sebuah laman web, namun pihak developer harus memikirkan apa fungsi animasi dan juga segala hal yang menyangkut animasi tersebut. Animasi pada laman utama Viva.co.id memang menunjukkan foto-foto dengan caption menarik, tapi untuk saya kecepatan animasi itu tidak sesuai untuk saya menikmati satu demi satu berita yang akan saya baca duluan. Untunglah Viva mempermudah saya pergi ke laman yang saya inginkan cukup hanya dengan mengklik foto. Tapi, kalau tidak hati-hati dan mengklik di waktu yang salah, saya malah akan terbawa ke laman yang lain karena foto keburu berganti ke slide berikutnya.

Menu DropDown
Viva membagi berita-beritanya menjadi beberapa segmen, misal Politik, Bisnis, atau Otomotif. Anda tinggal menggerakkan mouse ke segmen yang Anda inginkan pada menu utama di bagian atas, lalu akan muncul daftar dalam bentuk dropdown. Hal ini cukup memudahkan Anda untuk mencari berita yang paling menarik untuk dibaca.
Masalahnya, menu ini kadang tidak muncul begitu saja. Contohnya saat saya beralih dari satu segmen ke segmen lain, menu ini tidak muncul sehingga saya seikit kesulitan mencari berita yang saya inginkan...

Layout pada Masing-masing Segmen
Saya perhatikan, bagian Otomatif dari situs Viva ternyata memiliki latar belakang berbeda dengan segmen yang lain. Kalau segmen lain latar belakangnya cukup berwarna putih sederhana, untuk bagian Otomotif, Anda akan melihat gambar mobil dan hal-hal lain yang berhubungan. Untuk saya pribadi, gambar ini cukup menarik dan menjadi hal pertama yang saya nikmati saat menjelajah ke bagian Otomotif. Saya berharap segmen-segmen lain di portal Viva juga dilengkapi dengan gambar-gambar seperti yang diterapkan pada segmen Otomotif.

Layout Keseluruhan
Secara keseluruhan, tampilan portal Viva cukup sederhana dan tidak membingungkan karena masing-masing segmen tertulis dengan jelas. Berbeda dengan salah satu portal berita yang didominasi warna hijau. Saya tersesat di sana, tidak tahu apa yang harus diklik atau berita ini ada di segmen mana. Layout Viva ini cocok sekali untuk para pembaca serius yang tidak perlu banyak embel-embel animasi atau warna, tapi tetap menarik bagi pembaca 'numpang lewat' seperti saya.

Penggunaan Foto untuk Berita Terkait
Untuk beberapa artikel, entah kenapa pihak Viva menggunakan foto yang kurang relevan. Misalnya pada berita "Anak 8 Tahun Tenggelam di Kolam Rekreasi", pihak Viva menggunakan foto anak-anak bule sehingga saya sempat berpikir bahwa kejadiannya terjadi di luar negeri. Alangkah terkejutnya saya saat mengetahui peristiwa naas tersebut terjadi di perbatasan antara Karawang dan Bekasi! Dan ternyata yang berpikiran sama dengan saya juga ada karena orang tersebut juga menanyakan hal yang sama. Mungkin ada baiknya jika lain kali Viva menyertakan foto yang lebih sesuai. Juga mencantumkan sumber foto yang digunakan dalam berita.



Iklan di Bagian Kanan Atas
Saya pribadi cukup terganggu dengan keberadaan iklan ini. Bukan karena iklannya, melainkan karena pop up otomatis yang memenuhi layar jika iklan tersebut tersentuh 'tidak sengaja' oleh kursor mouse saya. Saya harus menutup pop up tersebut berkali-kali agar saya dapat menikmati berita yang ingin saya baca. Saya mencoba mengerti bahwa si pemasang iklan telah membayar agar kita, sebagai pembaca, melihat iklan tersebut. Tapi dapatkah pihak Viva melakukan sesuatu agar saya, atau pembaca lain, dapat menyingkat waktu yang terbuang hanya untuk menutup jendela tersebut??

Kecepatan Berpindah AntarLaman
Tidak semua orang memiliki kecepatan akses internet yang cukup cepat dan hal ini terjadi pada saya. Harus saya akui bahwa kecepatan berpindah antarlama Viva harus diacungi jempol. Saya memang tidak mengukur seberapa cepatnya, tapi yang pasti saya bisa bilang hanya butuh waktu paling lama 15 detik untuk membuka laman baru di portal berita Viva.
Bahkan saat saya mencoba mencari berita dengan menggunakan kata kunci tertentu, Viva langsung memunculkan pilihan berita yang berkaitan dengan cepat. Saya jadi mengetahui bahwa berita terkait dengan kata kunci yang saya ketikkan di kolom Search itu cukup banyak tersedia.
Viva juga mempertahankan shortcut segmen-segmen yang tersedia di bagian kanan situs, sehingga memudahkan saya juga Anda untuk mengklik berita selanjutnya yang akan dinikmati.

Jelajah Portal Viva
Hal menarik lainnya yang saya sadari menjadi bagian dari Viva.co.id adalah jelajah portal lain yang berhubungan, seperti Viva Socio atau Viva Forum. Masing-masing portal ini memiliki warna-warna lembut tema berbeda. Misalnya Viva Socio dilambangkan dengan warna jingga. Selain itu, masing-masing portal juga dilambangkan dengan ikon berbeda, misal VivaLife memiliki ikon tas wanita yang cukup imut.
Saya baru menyadari bahwa portal-portal ini sebagian ditulis oleh para anggota portal yang bersangkutan. Beberapa beritanya mungkin harus ditanyakan keabsahannya, tapi saya pribadi sangat menikmati bagian ini. Terutama karena pemilihan warnanya yang benar-benar akrab dan meneduhkan mata. Good job!

Tampilan Viva via mobile
Sayang saya tidak memiliki screenshot tampilan Viva dari HP jadul saya, tapi saya tidak mengalami kesulitan berarti menikmati berita yang dimaksud. Memang butuh effort yang berbeda jika dibandingkan saat saya menggunakan gadget yang lebih sesuai, namun saya jarang sekali mengalami unable to open the page. Namun, saya sedikit kesulitan mencari tombol share jika saya online via HP.

Akhir kata, saya tidak akan menikmati berita-berita di Viva.co.id jika pihak admin tidak rajin berkicau di twitter. Saran saya sebaiknya pihak Viva meng-tweet info berita secara berkala, misal 10 menit sekali, jangan langsung berturut-turut. Dengan membaca tweet info berita Viva secara berkala, saya seakan selalu diingatkan untuk berkunjung. Dan kalau saya tidak menahan diri, saya bisa berlama-lama di Viva. Percayalah.




1 komentar:

  1. Silahkan kunjungan balik ke portal berita terbaru 2012 untuk mendapatkan info berguna mengenai apapun di dunia

    BalasHapus