Photobucket

Rabu, 26 September 2012

Separuh Hidupku bersama M&C!


<<-- Tumpukan komik M&C! yang saya bawa ke kantor untuk stok bacaan dan bantal tidur supaya bisa mimpi indah dengan karakter favorit <3

Separuh hidup? Sumpe loooo? Tapi, ini adalah kenyataan pahit (halah) menyenangkan dalam hidupku. Mengenal komik untuk pertama kalinya... Ehm... 20 tahun lalu? Well, if it's already 20, then it's more than half of my life!! Komik pertama M&C pertamaku itu rasanya berjudul Bunga-Bunga Cinta? Atau Sejuta Cinta? Ada lagi judul 100% Hime Girl, Setinggi Langit dan Bintang, Angel, Dewa Asmara Tolonglah!. Ring a bell?

Saat itu, saya masih awal SMP dan uang saku terbatas. Jadi, sibuk barter pinjam dengan teman. Mungkin, itu menjadi cikal bakal betapa saya mencintai komik sampai detik ini. Mengenal manga seakan membuka sebuah jendela baru yang selama ini tidak pernah saya pedulikan. Yang paling terasa adalah manga membuat saya semakin giat belajar menggambar dan makin terjerat pada hobi yang sudah mendarah daging: membaca.

Logo M&C! ini awalnya belum dipakai pada komik-komik yang terbit di awal (sesuai ingatan saya, lho). Saat itu, kantor M&C! masih ada di 'bagian belakang', terpisah dengan gedung utama grup Kompas Gramedia. Pertama kali ke sana gara-gara tukar komik Boulle & Bill yang cetakannya rusak, a ha ha. Lalu, gedung M&C! ini berpindah lagi ke Jl. Panjang sebelum akhirnya bergabung bersama grup yang lain di Palmerah Barat.

Anyway, jangan ditanya ada berapa koleksi komik M&C! saya. Sebagian raib tak jelas juntrungannya oleh para peminjam yang tak bertanggung jawab, sebagian lagi menjadi camilan rayap, dan yang tersisa menjadi salah satu 'harta benda' saya. Tidak pernah terbayang bagaimana andainya saya tidak pernah mengenal komik...

Karena suka menggambar dan berniat membuat komik, saya akhirnya berkenalan dengan para editor M&C! Dari merekalah saya tahu bahwa Nube 9 bisa dibilang tidak pernah keluar dari gudang (hayo, siapa, ya, yang bilaaang?). Juga info kenapa Fuushigi Yuugi 2 ditarik dari peredaran untuk sementara dan dilepas kembali setelah melalui proses 'penyuntingan' kedua. Saya juga jadi tahu adanya Unit Layanan Jual dan menatap iri rak komik M&C! yang penuh dengan judul-judul yang (sebagian besar) tidak saya miliki.

Pst, M&C! tahu nggak kalau suatu ketika, teman editor dari brand lain pernah mengeluhkan hal yang sama dengan saya? Mutu editan M&C! payah banget. Selain banyak kalimat yang tidak efektif, salah ketik, dan salah balon, pernah kejadian letak halaman W Juliet terbalik antara kiri dan kanan. Saat itu saya protes keras melalui milis (zaman dulu geto, loch!) dan langsung ditanggapi oleh pihak redaksi.

Zaman berubah, mutu komik M&C! juga meningkat, walau namanya manusia, saya kerap menemukan beberapa 'kesalahan'. Namun, seperti juga dulu ditanggapi melalui milis, kali ini saya protes melalui Twitter atau SMS langsung ke sang editor. Tujuannya bukan ingin menjatuhkan, kok, tapi supaya komik kesukaan saya makin oke dinikmati, ya nggak?

Nah, gara-gara hobi mengkritik editan ini, saya akhirnya 'terdampar' juga menjadi editor lepas Koloni. Ups, ralat. Awalnya saya diminta untuk mengisi Koloni gelombang pertama, tapi karena satu dan lain hal, saya hanya menjadi penggembira *hiks* Koloni itu apa? Komik Lokal Indonesia. Dulu M&C! pernah menerbitkan Koloni edisi kuno (halah lagi), seperti Alakazam atau Dua Warna. Selang beberapa tahun (nggak dihitung), akhirnya M&C! memutuskan untuk kembali mengisi dunia perkomikan di Indonesia dengan komik lokal. Salah satu karya terbaik yang diterbitan adalah Garudayana oleh Is Yuniarto.

Judul Koloni yang pernah saya edit antara lain Princessa karya Anca Sulaiman dan Aquapasto karya Gleision Adain. Saya juga mendapat kehormatan untuk membuat fan art berdasarkan tokoh dari kedua komik tersebut. Dari sini, saya juga jadi mengenal banyak orang, terutama komikus dan ilustrator yang kemampuannya jauh di atas saya. Kedua gambar saya ini tentu saja tidak mirip karakter aslinya, tapi mengerjakannya sangat menyenangkan!

Betapa M&C! sudah mengisi hari-hariku. Di saat aku gundah gulana atau butuh hiburan, pelarian pertamaku adalah komik. Aku suka sekali serial cantik keluaran M&C! yang kadang membuatku tersenyum atau menangis sendiri. Terima kasih, M&C! I can't imagine what my life would be without you...


Ilustrasi yang saya buat based on salah satu karakter karya Ichikawa Show. Iya, ga miriiiip.

PS. Kayaknya anak saya yang satu ini juga bakal berbakat jadi maniak komik (belum otaku!) seperti emaknya, hi hi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar